Sistem Informasi Manajemen

Intranets

Sebuah jaringan dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi Internet (seperti browser Web dan server, TCP / IP protokol jaringan, HTML, penerbitandokumen dan database hypermedia) untuk menyediakan lingkungan internet sepertidalam perusahaan untuk berbagi informasi, komunikasi, kolaborasi, dan dukunganbisnis.

Extranet

Sebuah jaringan yang menghubungkan sumber daya yang dipilih intranet perusahaandengan adalah pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya, dengan menggunakan Internet atau jaringan pribadi untuk menghubungkan intranet organisasi.

Internet (kependekan dari interconnected-networking)

Sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel)

Sistem Informasi adalah suatu kombinasi terorganisir orang, hardware, software,jaringan komunikasi,dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

Contoh dari system informasi adalah Sistem layanan akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester & Sistem penjualan secara kredit agar dapat memantau hutang pelanggan yang jatuh tempo.

Hubungannya TI & SI sama-sama bergerak di bidang informasi (pengolahan) , dan teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi. Karena sistem informasi dapat tersusun oleh beberapa teknologi informasi. sehingga apabila teknologi informasi mengalami kerusakan maka mempengaruhi Sistem informasi atau sistem informasi juga akan mengalami gangguan.

Strategis Penggunaan TI

Lock in Customer and SupplierMembangun suatu hubungan yang bernilai.  Sehingga customer atau supplier tidak berminat untuk meninggalkan perusahaan. Barriers to Entry.Membuat perusahaan pesaing susah untuk menyamai atau memasuki bisnis yang sama.
Build Switching cost.Membuat Customer atau Supplier akan mengeluarkan atau membayar biaya, waktu, dan kesempatan yang tidak sedikit bila beralih ke pesaing. Leverage Investment in IT.Membangun aplikasi yang lebih komplek dengan platform Teknologi Informasi yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Konsep Strategi Kompetitif

Technology Informatif

Cost leadership (Product dgn biaya terendah)Gunakan IT secara substansial utk mengurangi biaya proses bisnis.Gunakan IT untuk membantu mengurangi biaya customer atau supplier.
Differentiation Strategy (Berbeda dengan pesaing)Kembangkan fitur IT baru sebagai pembedaGunakan fitur IT utk mengurangi keuntungan pesaing

Gunakan fitur IT utk berfokus pd produk dan pasar tertentu

Innovation Strategy(Pemikiran-pemikiran baru)Menciptakan produk baru dengan memasukan komponen ITMengembangkan pasar yg baru dgn bantuan IT

Perubahan radikal pada proses bisnis

Promote Growth(Berkembang)Gunakan IT untuk Ekspansi bisnisGunakan IT untuk diversifikasi produk dan service
Develop Alliances(Bermitra)Gunakan IT untuk membuat virtual companyGunakan IT untuk hubungan dengan mitra usaha

Jenis Sistem Informasi

Operation Support System

 

Management Support System

 

Transaction Processing Systems (TPS).TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. Process Control Systems (PCS).Monitor and Control Industrial Process. Enterprise Collaboration Systems. Support team, workgroup, and enterprise communication and collaboration. Management Information System (MIS) SIM tidak menggantikan TPS , tetapi mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. Decision Support System (DSS) DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS atau  Sistem Pendukung Keputusan Sistem Informasi pada level manajemen yang menggabungkan antara data dan model analisis mutakhir atau peralatan untuk menganalisis data yang mendukung proses pengambilan keputusan semi-terstruktur maupun tidak terstruktur. Executive Information System (EIS). Provide Critical Information from MIS and DSS.

Information System Activities

1. Input of Data Resources Kegiatan menangkap (captured) dan menyiapkan data. Misalnya recording dan editing.  Data dimasukan kedalam suatu media/mesin kemudian diolah.
2. Processing of data into Information Kegiatan memanipulasi data seperti, calculating, comparing, sorting, classifying, dan summarizing.
3. Output of information product Informasi dalam berbagai bentuk diberikan kepada end-user.  Produk informasi yang dihasilkan berupa report atau business document.
4. Storage of Data Resources Kegiatan sistem informasi dimana data dan informasi disimpan untuk keperluan yang akan datang dan digunakan oleh end user.
5. Control of System Performance Memberikan feedback atas kegiatan input, processing, output, dan storage.Feedback harus dimonitor dan dievaluasi apakah sesuai dengan kinerja standar.Feedback digunakan untuk melakukan penyesuaian pada kegiatan sistem untuk mengoreksi ketidak efesien yang terjadi.

Information System Resources

People Resources Faktor manusia untuk beroperasinya sistem adalah

  • End-User.
  • IS Specialists.
Software Resources
  • Program.

Sekumpulan instruksi utk komputer.

  • Procedure.

Instruksi yang digunakan oleh manusia

Data Resources
  • Database.

Kumpulan record atau files yang terhubung secara logis.

  • Knowledge Bases.

Penyimpan berbagai bentuk fakta dan aturan dari berbagai macam kesimpulan suatu subjects.

Hardware Resources Semua media fisik dan material yang digunakan dalam pengolahan informasi :

  • Machines.(Physical device)
  • Media.(Object)
Network Resources
  • Communication Media

Media, perangkat komunikasi

  • Network Support.

processor communication, Modem.

The Database Management Approach

DBMS (Database Management System), adalah software yang mengontrol maintenance, create, dan penggunaan database.

  • Database Interrogation,

kemampuan DBMS untuk mengambil data.

  • Database Maintenance,

pemeliharaan data dengan cara meng-update agar data tetap akurat.

  • Application Development,

pengembangan program aplikasi yang menggunakan database.

Benefits and Limitations

Manfaat

Keterbatasan

  • Mengurangi duplikasi data
  • Meningkatkan Integrasi data
  • Dapat diakses oleh berbagai program aplikasi
  • Software tidak tergantung dari format data dan jenis secondary storage.
  • Meningkatkan Security
  • Technologi complicated.
  • Pengembangan database besar relatif susah.
  • Dibutuhkan hardware baru untuk data yg lebih kompleks
  • Security problem.

Jenis Database

Operational DatabaseDatabase yang menyimpan detailed data transaksi bisnis yang diperlukan oleh perusahaan.(Consumer database, employee database) External DatabaseBerbagai data yang didapat dari pihak external perusahaan.(statistic, research paper)
Distributed DatabaseDatabase yang boleh didistribusikan diantaranya diletakan pada internet site. Hypermedia DatabaseDatabase yang berupa berbagai macam bentuk dokumen (text, grafik, sound) yang berhubungan.

Creating a Virtual Company

Sebuah organisasi yang menggunakan IT untuk menghubungkan people, asset, dan idea.

 

Peranan Dasar-dasar Sistem Informasi

Support of Strategic Advantage.Dukungan untuk keputusan-keputusan strategic perusahaan yang berdampak pada waktu yang relatif panjang.
Support of Managerial Decision Making.Dukungan terhadap proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen
Support of Business Operation.Dukungan terhadap kegiatan operasional perusahaan seperti pengolahan transaksi yang terjadi sehari-hari.
  • Foundations Concepts.

Perilaku dasar, teknik, business, dan managerial concepts tentang components serta peran-peran dari system Informasi.

 

 

 

Sistem Informasi Kerangka Kerja untuk Profesional Bisnis

  • Information Technologies.

Konsep pengembangan, dan management issues untuk information technology.

  • Business Applications.

Penggunaan Information System untuk operasional bisinis, management, and competitive advantage.

  • Development Process.

Membangun, dan mengimplemensi IS melalui strategic planning dan  application development approach.

  • Management Challenges.

Tantangan pengelolaan teknologi IS secara effectiv dan ber-etika, strategies, dan  security.

Komponen Sistem Informasi

Posted on May 6, 2011, in Sistem Informasi Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: