Pemasaran yang Dipicu oleh Pelanggan

Apakah Pemasaran itu ?
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penentuan harga dari ide, barang, jasa, organisai, dan peristiwa untuk menciptakan dan menjaga hubungan yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
 Bagaimana Pemasaran Menciptakan Kegunaan?
Melalui pertukaran , dua pihak atau lebih memberikan nilai kepada pihak lainnya untuk memuaskan kebutuhan yang dirasakan. Pemasaran terkait erat dengan proses pertukaran. Hal ini membentuk kegunaan-kekuatan pemuasan keinginan dari suatu barang atau jasa-melalui ketersediaan produk di mana dan kapan konsumen ingin membeli dan melalui pengaturan untuk pemindahan kepemilikan secara berurutan. Produksi menciptakan kegunaan bebtuk, pemasaran menciptakan kegunaan waktu, tempat, dan kepemilikan. Kegunaan adalah kekuatan barang atau jasa untuk memuaskan keinginan.
 Munculnya Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah orientasi perusahaan pada pelanggan untuk mendukung keberhasilan jangka panjang.
 Memberi Nilai Tambah melalui Kepuasan Pelanggan dan Mutu
Kepuasan pelanggan adalah hasil dari barang atau jasa yang memenuhi atau melebihi kebutuhan dan harapan pembeli. Ketika perusahaan melebihi ekspetasi nilai dengan menambahkan fitur, menurunkan harga, meningkatkan layanan konsumen (customer service), atau membuat peningkatan lain yang menambah kepuasan pelanggan, maka perusahaan tersebut memberikan nilai tambah (value added) pada barang dan jasa tersebut.
Kepuasan Pelanggan dan Umpan Balik
Perusahaan yang sukses memiliki karakteristik penting yang sama : mereka melakukan setiap usaha untuk menjamin kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah hal yang penting untuk membina hubungan baik jangka panjang. Untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas dengan barang atau jasa yang diberikan suatu perusahaan adalah melakukan umpan balik pelanggan yaitu melalui lewat suara konsumen bebas pulsa.

Memperluas Batasan Pemasaran Tradisional

Pemasaran Nirlaba
Dalam sejumlah kasus, organisasi nirlaba membentuk kemitraan dengan perusahaan yang berorientasi laba untuk mempromosikan pesan mereka atau mendistribusikan barang dan jasa.

Pemasaran Nontradisonal

Mengembangkan Strategi Pemasaran
Semua organisasi, baik yang berorientasi pada laba maupun tidak(nirlaba), perlu mengembangkan strategi pemasaran untuk menjangkau konsumen secara efektif. Proses ini melibatkan analisis pasar secara keseluruhan, memilih pasar sasaran, dan mengembangkan bauran pemasaran yang memadukan unsur yang berkaitan dengan produk, distribusi, promosi, dan penentuan harga. Sering kali pemasar perusahaan mengembangkan rencana pemasaran yang menggambarkan strategi pemasaran mereka.
 Memilih Pasar Sasaran
Pasar sasaran adalah kelompok orang yang menjadi sasaran dari suatu organisasi untuk memasarkan barang, jasa, atau idenya dengan strategi yan didesain untuk memenuhi kebutuhan dan selera mereka secara spesifik.
 Mengembangkan Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran adalah Gabungan empat unsur strategi pemasaran produk, distribusi, promosi, dan harga untuk memenuhi segmen pelanggan yang dipilih.

Riset Pemasaran untuk Pengambilan Keputusan Pemasaran yang Lebih Baik
Riset Pemasaran adalah pengumpulan dan pemanfaatan informasi untuk mndukung pengambilan keputusan pemasaran.
Pemasar melakukan riset untuk lima alasan dasar :
1. Untuk mengenali permasalahan dan pelung pemasaran
2. Untuk menganalisis strategi pesaing
3. Untuk mengevaluasi dan memprediksi perilaku konsumen
4. Untuk mengukur kinerja dari produk dan desain kemasan yang ada saat ini serta melakukan penilaian untuk hal-hal tersebut di masa mendatang
5. Untuk mengembangkan rencana harga, promosi, dan distribusi

Segmentasi Pasar
Kriteria untuk segmentasi pasar
Kriteria Contoh
Sebuah segmen harus menjadi kelompok yang dapat diukur . Data dapat dikumpulkan dalam jumlah uang dan jumlah pembelian oleh anak praremaja (preteen).
Sebuah segmen harus dapat diakses untuk kebutuhan komunikasi. Semakin banyak orang tua yang melakukan online, sehingga mereka dapat dicapai melalui saluran pemasaran internet.
Sebuah segmen harus cukup besar untuk menawarkan potensi laba. Dalam komunitas yang kecil, sebuah toko yang hanya menawarkan sepatu berukuran besar tidak memperoleh laba. Sama halnya dengan toko ritel khusus tidak cocok jika mengambil lokasi di pasar kecil.

Metode Segmentasi Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis

Perilaku Pembeli : Menentukan apa yang diinginkan oleh Konsumen
Perilaku membeli mengacu pada proses pembelian dari konsumen individu yang membeli barang dan jasa untuk digunakan sendiri maupun pembeli dari kalangan organisasi yang membeli produk bisnis. Perilaku konsumen mengacu pada tindakan dari konsumen akhir dengan pengaruh langsung terhadap tindakan dari konsumen akhir dalam mendapatkan, mengonsumsi, dan membuang produk , dan juga proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini. Pengaruh pribadi terhadap perilaku konsumen meliputi kebutuhan individu dan motif, persepsi, sikap, pengalaman, yang dipelajari, serta konsep diri. Sejumlah orang dapat berpartisipasi dalam keputusan pembelian bisnis, sehingga pembeli dari kalangan bisnis mengahadapi sejumlah pengaruh organisasi selain selera mereka sendiri.

Manfaat Pemasaran melalui Hubungan Kerja Sama
Pemasaran hubungan kerja sama merupakan usaha organisasi untuk membangun hubungan jangka panjang dan efesiensi biaya dengan pelanggan individu untuk kepentingan bersama. Hubungan yang baik dengan pelanggan dapat menjadi senjata vital yang tragis untuk perusahaan. Dengan mengindentifikasi pembeli saat ini dan menjaga hubungan yang positif dengan mereka, organisasi dapat menargetkan pelanggan terbaiknya memenuhi kebutuhan mereka, dan menciptakan kesetiaan.

Posted on April 24, 2011, in Pengantar Bisnis and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: