Memanfaatkan Teknologi untuk Mengelola Informasi

Sistem informasi Manajemen-SIM (manajemen information system) adalah metode yang mengatur penyediaan informasi masa lalu, saat ini, dan proyeksi masa depan tentang operasi internal sekaligus intelejen eksternal untuk mendukung pengambilan keputusan.
Chief Information officer (CIO) adalah eksekutif yang bertnaggung jawab dalam pengaturan SIM perusahaan dan operasai komputer yang terkait.
Basis Data adalah kumpulan dari sumber data yang terintegrasi dan terpusat.

Sistem Informasi untuk Pengambil Keputusan
DSS Decision support system ( sistem pendukung keputusan ) merupakan sistem yang menyediakan data relevan dengan cepat untuk membantu pelaku bisnis mengambil keputusan dan memilih arah tindakan.
EIS Executive information system ( sistem informasi eksekutif ) merupakan sistem yang memudahkan manajer puncak untuk mengakses bisnis data utama perusahaan.
Expert System ( sistem ahli ) merupakan program komputer yang meniru pemikiran manusia melalui sekelompok aturan “jika… maka” yang rumit.

Tren dalam sistem informasi
LAN- Local area network ( jaringan area lokal) , jaringan komputer yang menghubungkan mesin di area terbatas. merupakan perangkat yang berguna karena menghubungkan komputer pribadi dan membuat antarkomputer dapat berbagi mesin cetak, dokumen dan informasi.
WAN- Wide area network ( jaringan area luas ) menghubungkan area geografis yang lebih luas dengan menggunakan saluran telepon dan microwave serta transmisi satelit.
Wi-Fi Wireless fidelity ( Jaringan Lokal Nirkabel ) merupakan jaringan nirkabel yang menghubungkan media berbeda dan membuat mereka saling berkomunikasi satu sama lain melalui gelombang radio.
ERP- Enterprise resource planning ( perencanaan sumber daya perusahaan ) merupakan sistem informasi yang mengumpulkan, memproses dan menyediakan informasi tentang berbagai fungsi di perusahaan.
ASP- Application service provider ( penyedia layanan aplikasi ) Khusus menyediakan baik komputer maupun pendukungaplikasi untuk mengelola sistem informasi bisnis klien.

Peranti Keras dan Peranti Lunak Komputer
Jenis Peranti Keras Komputer
Peranti Keras adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
 Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
o RAM – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
o Buses:
Bus PCI, Bus ISA, USB, AGP
o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
 Power supply – sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
 Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
 Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
 Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
 Beberapa jenis penyimpanan komputer:
o CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
CD-ROM, CD-RW ,CD-R
o DVD
DVD-ROM, DVD-RW, DVD-R
o Floppy disk
 Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
 Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
 Jaringan komputer – untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem – untuk koneksi tekan-tombol.
o Kartu network – untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
o Alat lainnya.
 Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
o Input : Keyboard, Alat penunjuk, Mouse, Trackball, Joystick, Gamepad, Scanner gambar, Webcam, Tablet Grafis
o Output : Printer, Speaker, Monitor, Jaringan/Networking, Modem, kartu network

Jenis Peranti Lunak Komputer
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
Dengan kata lain, bagian sistem komputeryang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
 Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
 Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
 Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
 Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
 Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
 Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
 Perangkat lunak gratis (freeware)
 Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)
 Perangkat lunak perusak (malware)

Bagaimana Komputer Membantu Dunia Bisnis

Word Processing (pengolah kata) merupakan Peranti lunak yang menggunakan komputer untuk memasukkan, menyimpan, mengambil, mengedit, dan mencetak berbagai jenis dokumen.
Dekstop Publishing memanfaatkan tekonologi komputer untuk membuat pengguna mampu mendesain dan menghasilkan materi cetak dengan format yang menarik tanpa harus merekrut tenaga profesional.
Spreadsheet merupakan paket peranti lunak membuat lembar kerja terkomputerisasi yang serupa dengan lembar kerja akuntan, membuat kalangan bisnis mampu untuk memanipulasi variabel dan melihat dampak dari keputusan alternatif atas hasil operasi.
E-Mail merupakan sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat.
Komputasi Multimedia adalah teknologi yang mengintregasikan dua jenis media atau lebih, seperti teks, suara, video bergera, video diam, grafis, dan animasi ke dalam aplikasi berbasis komputer.
Groupware adalah Peranti lunak komputer yang menggabungkan pemanfaatan data bersama melalui basis data biasa dengan komunikasi melalui e-mail sehingga karyawan dapat berkolaborasi dalam proyek.
Intranet adalah jaringan yang menghubungkan karyawan dan pengguna lainnya yang berwenang melalui perangkat internet seperti e-mail, hypertext links, dan pencarian dengan menggunakan Web Browser.
VPN- Virtual Private Network yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman

Teknologi Broaband merupakan Digital, serat optik, teknologi jaringan nirkabel yang merangkum data dan mengirimkannya dengan kecepatan tinggi.
Jenis – jenis Teknologi Broaband
Teknologi Metode Transmisi
Digital Subcriber Lines – DSL Jaringan kabel tembaga telepon standar
Modem Kabel Kabel lunak( seperti digunakan di televisi kabel )
Jaringan serat Optik Kabel Optik
Jaringan Nirkabel Transimisi Microwave atau setelit
Itregrated Services Digital Network – ISDN Jaringan kabel tembaga telepon standar dan media lainnya
Saluran T1 dan T3 Khusus digunakan untuk koneksi telepon

Virus Komputer merupakan program yang secara diam-diam menempel ke program atau dokumen ke program lainnya , yang kemudian mengubah atau merusak data.

Posted on April 24, 2011, in Pengantar Bisnis. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: